Jogjakarta saat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang di datangi oleh banyak orang dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Hal ini dikarenakan Jogja menyimpan banyak sekali destinasi wisata dan juga masih kental dengan budaya Jawa pada zaman dahulu. Sultan Jogja pun juga sangat mendukung potensi ini dengan terus mengembangkan infrastruktur dan program yang menaikkan nilai pariwisata kota Jogja.

Disebut juga sebagai kota pelajar, Jogjakarta dipenuhi dengan para pelajar dari luar kota seperti Jakarta, Medan, Bali, dan kota lainnya. Dengan banyaknya penduduk dari kota lain tidak heran Jogjakarta terus memperbaiki nilai pariwisata kota mereka. Untuk Kamu yang berada di luar Jogja bahkan di luar Jawa seperti di Medan namun tetap ingin mendapatkan oleh-oleh khas Jogja tenang saja, karena kamu juga bisa mengirim barang tersebut melalui jasa ekspedisi ke Medan.



Tanpa berbasa-basi lagi ini dia 6 rekomendasi oleh-oleh yang harus kamu coba.

1. Keripik Tempe Sagu

Keripik tempe  ini umumnya berbeda dengan keripik tempe lainnya. Keripik tempe sagu  lebih renyah dan biji tempe terlihat jelas karena dipadukan dengan sagu. Jumlahnya tidak banyak sehingga Kamu bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Kamu dapat menjamin jika keluarga dan teman Kamu lebih suka.

2. Bakpia patok

Bakpia juga sangat kental dengan Jogjakarta. Pasalnya makanan ini memiliki banyak jenis dan rasa dari original coklat, green tea hingga  keju. Bakpia kering Pathok  bisa  cukup  untuk menjadi cukup untuk berada di sana jika rumah Kamu jauh. Malioboro jual banyak  seperti  Bakpia Pathok 25, jadi kamu dapat mencarinya dengan mudah. ​​

3.  Brownies Ubi Ungu

Brownies merupakan camilan yang banyak disenangi oleh warga Indonesia. Di Jogja kamu juga bisa membelikan mereka brownies ubi ungu atau ubi yang terbuat dari ubi.

4. Geplak

Jajanan yang memiliki warna beragam ini juga menjadi makanan khas Jogjakarta. Selain itu untuk mendapatkannya tidak sulit. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dari Malioboro sampai pasar Bringharjo menawarkan makanan ringan dengan rasa manis ini. Makanan campuran beras ketan dan  kelapa ini memiliki umur yang lama untuk simpan, sehingga dapat dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta.

5. Jogja Scrummy

Selain jajanan tradisional, kue modern juga bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Misalnya, Jogja Scrummy, oleh-oleh yang dimulai oleh Dude Herlino, merupakan kombinasi antara puff pastry dan  brownies kukus. Dari cokelat hingga talas hingga karamel, ada banyak rasa untuk dibawa pulang dan itu pasti menarik.

 6. YANGKO

YANGKO atau yang biasa disebut juga dengan mochinya khas JOGJA juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh yang unik.  Terbuat dari tepung ketan yang membuat tekstur yangko ini sedikit lebih padat dari pada mochi. Yangko juga cukup mudah kamu dapatkan di toko oleh-oleh di Jogja.

Itu dia 6 oleh-oleh yang pastinya harus kamu coba dan beli apabila kamu berkunjung ke Jogjakarta. Beberapa toko besar dan ternama juga sudah melayani digital banking jadi kamu tidak perlu lagi menyiapkan duit cash untuk membeli oleh-oleh tersebut.